- Bisnis Online

Lima Langkah Merintis Usaha On-line untuk Pemula

Untuk sebagian pemula, untuk membuat suatu usaha online itu pasti terasa sulit karna tidak memahami harus apa yang dikerjakan dan dari mana harus memulainya. Sebenarnya ada banyak tutorial online yang mengajarkan tentang langkah memulai usaha online. Sebaiknya kita kenali dan meyakinkan tipe usaha online seperti apa yang akan digerakkan karna type usaha online itu sebenarnya demikian banyak dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Selain itu, apabila kita serius inginkan buat satu usaha online jadi kita juga perlu belajar buat sikap mental yang positif. Beberapa sikap mental itu yakni :

Menginginkan belajar dengan serius
Menginginkan berupaya keras
Tidak mudah menyerah
Punyai mimpi yang besar dan terarah
Menginginkan ambillah kemungkinan

Baca juga : Mengenal kios baju muslimah terbaik

Nah sekarang ini kita akan membahas bagaimana langkahnya memulai usaha online yang menguntungkan dalam periode panjang. Dari beberapa type usaha online di bawah ini, mungkin saja saja sama seperti ketertarikan dan kemampuan yang Anda punyai.

1. Buat Website (blog)

Menurut saya, ini yakni langkah awal paling mudah yang bisa ditangani oleh seorang pemula untuk buat satu usaha online. Belajar buat satu website situs blog /website dengan topik khusus dan berikan manfaat untuk audiens yakni satu hal yang tidak sangat sulit. Kita bisa buat situs blog /website yang berkaitan dengan ketertarikan/hobby dan keterampilan, tentu ada sebagian orang yang punyai ketertarikan atau hobby yang sama saja dengan Anda. Mereka tersebut yang kelak jadi audiens Anda.

Setelah situs blog /website Anda memliki banyak pengunjung, Anda bisa memonetize website (situs (blog)) itu dengan terdapatnya banyak langkah. Beberapa cara memonetize situs blog /website Anda yakni dengan meletakkan iklan, misalnya jadi publisher dan meletakkan iklan PPC Google Adsense, iklan product sendiri, iklan affiliasi, jual service artikel review, dsb. Apabila Anda memiliki satu website situs blog /website yang profesional, tentunya juga akan berikan keuntungan periode panjang dari bermacam tipe monetize.

2. Buat Toko On-line

Buat toko online sendiri sudah tidaklah hal yang sulit lagi, dan satu di antara langkah termudahnya yakni buat toko online dengan basis WordPress. Apabila Anda memang punyai keterampilan dalam sisi website developmen tentu makin lebih mudah lagi dalam buat toko online. Biasanya toko online digunakan untuk berjualan product fisik lewat langkah memajang product tersebut di toko online Anda dan mempromosikannya di sebagian media online.

Lalu bagaimana apabila kita tidak punyai product sendiri? Kita bisa jual product orang yang beda yang memang banyak dicari di internet, yaitu dengan ikuti program dropship dari suplier besar. Keuntungan usaha dropship ini yakni kita tidak butuh pusing dalam hal pengadaan barang, tidak butuh menyetok barang, tidak butuh kerjakan system packing dan pengiriman barang, dan suplier kirim barang itu atas nama kita jadi yang mempunyai toko online. Baca artikel sedetailnya tentang Usaha Dropship.

3. Jual Product Digital

Apabila kita punyai keterampilan dibagian khusus, jadi keterampilan itu bisa kita jual berupa eBook, video, atau membership. Type usaha ini potensinya menarik, terutama dijaman digital saat ini, di mana orang semakin banyak yang lebih tentukan membaca buku digital dibanding buku fisik.

Product digital ini biasanya laris di beberapa komune khusus. Misalnya di komune pebisnis online, product seperti eBook, video, dan membership yang berkaitan dengan pengetahuan internet marketing tentunya juga akan laris manis. Nah apabila Anda punyai keterampilan dalam sisi khusus, sebaiknya Anda menjualnya dengan online.

4. Jadi Affiliate Marketer

Ok, Anda sudah punyai website (situs (blog)) sendiri tapi belum punyai product yang inginkan dijual, bagaimana langkahnya hasilkan uang dari website (situs (blog)) itu? Satu di antara opsinya yakni jual product orang yang beda atau bahasa kerennya affiliate marketer. Product yang dijual bisa berupa fisik ataupun berupa digital, Anda bisa meyakinkan product seperti apa yang paling relevan dengan website (situs (blog)) Anda.

Misalnya website (situs (blog))/website Anda diisi topik tentang product product fisik, jadi usaha affiliasi yang paling pas dengan website (situs (blog)) Anda yakni jual product fisik. Anda bisa gabung jadi affiliate di beberapa situs yang menawarkan program afiliasi, misalnya situs #Lazada.

5. Jadi Penulis Artikel (Ghost Writer)

Profesi yang satu ini cukup laris di internet karna saat ini demikian banyak yang mempunyai website yang membutuhkan penulis kontent untuk situs mereka. Bukan hanya situs besar saja yang membutuhkan penulis, beberapa situs yang tetap masih melalui juga membutuhkan penulis-penulis handal.

Walau usaha yang satu ini terkesan sulit, cukup banyak yang sukses menggerakkan profesi jadi penulis. Jadi, buat Anda yang punyai ketertarikan besar dalam menulis, pakai ketertarikan dan keterampilan menulis itu jadi ladang pendapatan.

Nah, setelah membaca artikel ini, tentunya Anda sudah punyai sedikit gambaran tentang bagaimana langkahnya memulai usaha online yang untungkan. Walau Anda tetap masih pemula, jangan pernah takut bersaing karna akan selalu ada ceruk yang bisa dipakai di usaha online. Tentukan tipe usaha online yang sama seperti kemampuan dan ketertarikan Anda, lakukan sekarang ini, lakukan dengan serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *